Rabu, 22 Agustus 2012

Cara Mengatasi Pergumulan


Pembicara:Pdt. Hari Mulyono, S.Th, MA, M.Th
Khotbah  :Minggu Sore, 12 Agustus 2012

Nast Pokok: Matius 15:21-28
Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel." Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

LATAR BELAKANG:
1.     Yesus berbicara kepada orang Yhudi yang tidak bertobat, yang digambarkan seperti orang buta menuntun orang buta (Matius 15:3-4, 14-20)
2.    Kemudian Yesus menyingkir ke Tirus dan Sidon. Mengapa? Karena Tirus dan Sidon telah bertobat (Matius 11:20-22)
3.     Dan tidak kebetulan kalau di Tirus dan Sidon itu Yesus bertemu dengan perempuan yang anaknya kerasukan setan (Matius 11:22-22)
Kesimpulan: memang pertobatan akan menarik perhatian Tuhan, sebab tidak ada mujizat tanpa pertobatan.
Dalam Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
Dalam Matius 3:2 "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

ADA 3 CARA MENGATASI PERGUMULAN YANG TEPAT, yaitu:
1.     Datang pada pribadi yang tepat, yaitu YESUS KRISTUS (Matius 15:22)
2.     Milikilah tindakan yang tepat yaitu mendekat dan menyembah Tuhan (Matius 15:25)
3.     Milikilah sikap hati yag tepat, yaitu menghargai roti yang adalah Firman Tuhan yang tidak dihargai oleh orang – orang Israel.

AKIBAT MENGHARGAI FIRMAN TUHAN, yaitu:
Dalam Matius 15:28 menyatakan seketika itu juga anak itu sembuh sebab 3 cara di atas mereka lakukan dalam hidupnya.
Jadi kualitas kehidupan rohani kita membuat mujizat itu menyertai kita.

0 komentar:

Poskan Komentar